Detail Berita

SISTEM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Selasa, 2 Maret 2021 09:22 WIB
70 |   -

SMAN 15 Takengon merupakan salah satu sekolah Binaan yang berada di Takengon tepatnya di Blang Bebangka kec.Pegasing Aceh Tengah. Salah satu keunggulan SMAN 15 Binaan ini adalah memiliki program ekstrakurikuler Conversation, Muhadatsah dan Al-Qur’an Hadist.

         Kegiatan Conversation diadakan 3 kali dalam seminggu pada sore hari yaitu hari senin,rabu dan jum’at. Setiap kelas akan dibimbing oleh guru bahasa inggris dengan jadwal yang telah ditentukan, mengajar conversation bahasa inggris di sebuah kelas memang bukan perkara yang mudah. Sebagai guru, saya harus mampu memiliki berbagai methode dan trik dalam pembelajaran conversation sesuai keinginan siswa.

        Conversation atau percakapan itu berbeda dengan kemampuan yang lain seperti belajar bahasa inggris pada pagi hari, dimana siswa dituntut harus mampu berdialog bahasa  inggris dengan teman dengan menentukan topik sederhana yang berhubungan dengan lingkungan sekoah. Guru juga harus membuat murid menjadi sangat berani dan percaya diri dalam berbicara bahasa inggris. Tanpa rasa percaya diri, seseorang siswa hanya akan diam dan terbanam pada pembelajaran yang ada.

 

Guru memberikan materi dan pengarahan dalam pelaksanaan coversation berbahasa inggris

   Berikan siswa kesempatan lebih untuk mengekspresikan keinginannya. Pada pembelajaran conversation ini ada  6 langkah yang harus di terapkan diantaranya adalah:

  1. Awali dari dasar

Membekali murid dengan kosakata diantaranya  kata kerja ( verb), kata benda ( noun) dan kata sifat ( adjective ). Anak tidak perlu diubah menjadi seorang superman dalam waktu cepat, dalam arti ia mampu berkomunikasi dengan berani, lancar dan tidak ada lagi kecanggungan dalam berbicara. Semua itu butuh proses dan diawali dari dasar terlebih dahulu.

      Mengajak siswa untuk memperhatikan pembelajaran, gunakan media pembelajaran agar siswa tertarik, jadikan mereka pendengar yang baik, ajak mereka dengan sopan untuk maju ke depan kelas, dan tanyakan beberapa hal kepada mereka dengan sopan. Buat kelas menyenangkan terlebih dahulu,perlakukan siswa dengan baik,baru guru memulai pembelajaran.

  1. Bagaimana membuat siswa berani dan percaya diri? “ Paksa mereka”

Ketika guru mengajak siswa berbicara, mungkin siswa hanya diam bahkan terlihat tertawa dan senyum. Hal itu tidak mengapa karena memang tipikal siswa kebanyakan adalah seperti itu. Kendati demikian, jangan buat situasi ini terjadi berlarut dan segera diubah. Tanyakan beberapa siswa secara langsung, katakan “ What are you doing pada siswa dan latih mereka untuk mengucapkan “ I am studying” dan masih banyak lagi diksi yang bisa guru ajukan.

  1. Fokus pada komunikasi bukan pada grammar.

Fokus pada komunikasi serta bukan pada kebenaran artinya guru lebih memperhitungkan maksud, kelancaran, dan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat dan guru tidak terlalu fokus pada pembenaran grammar.

Ketika siswa berbicara dan guru memperbaiki grammar hingga sempurna maka nyali anak untuk terus berbicara bisa pudar. Jangan berikan koreksi terlalu mendalam, namun berikan anak berbicara sesuka hati meskipun dalam hati guru tersenyum karena tata bahasanya kurang baik.

  1. Topik-topik kontroversial sering diperlukan.

Apa yang terjadi disekitar lingkungan sekolah dan saat ini? Apakah mengambarkan tentang hewan, sesuatu, atau informasi yang aneh di liput di TV, adakah kerusuhan besar di suatu Negara, atau adakah orang yang mendadak terkenal  dan membuat semua orang membicarakannya. Itu adalah sesuatu yang bisa membuat siswa berminat untuk belajar.

Siswa berdialog  bahasa inggris secara langsung

     E. Ciptakan kelompok- kelompok kecil

Agar pengorganisasian kelas menjadi lebih mudah, maka bentuk pembelajaran conversation bahasa inggris melalui kelompok-kelompok kecil. Siswa juga akan lebih berani menyatakan pendapat ketika ia berada di suatu kelompok dan mereka juga mampu membuat eksplorasi yang baik ketika bekerja sama. Sebagai contoh , siswa akan terdorong untuk mengutarakan pendapat karena didukung oleh kelompoknya dalam situasi debat bahasa inggris.

     F. Ajarkan strategi percakapan

Setelah kemampuan siswa meningkat maka ajarkanlah mereka sebuah strategi percakapan. Buat mereka belajar bagaimana menyapa orang dengan sopan, meminta sesuatu dengan baik, atau bagaimana cara memulai percakapan dengan orang yang belum dikenal. Strategi percakapan  yang baik akan membawa mereka bukan hanya pada sistem bahasa itu sendiri namun lebih kepada budaya serta nilai moral sebuah bahasa.

      Untuk melihat perkembangan pelaksanaan conversation ini diadakan evaluasi setiap hari sabtu didepan lapangan pada acara pra pbm sekolah, bagi siswa yang memiliki kemampuan berbahasa inggris yang bagus maka akan diberikan reward oleh guru, kepsek dan osis. Demikianlah artikel ini saya buat semoga bisa menjadi inspirasi bagi guru bahasa inggris dalam mengajar conversation.

 

Penulis : Idawani Nasra, S.Ag


Komentar

×
Berhasil membuat Komentar
×
Komentar anda masih dalam tahap moderator
1000
Karakter tersisa
Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar di sini